Model AIDA adalah salah satu model hirarki respon yang
cukup popular bagi pemasar sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan
pemasaran. Menurut model ini, alat promosi harus menarik perhatian, mendapatkan
dan mendorong minat, membangkitkan keinginan, dan menghasilkan tindakan. Dalam
membangun program komunikasi yang efektif, aspek terpenting adalah memahami
proses terjadinya respon dari konsumen, misalnya dalam hal konsumen melakukan
pembelian suatu produk, maka diperlukan pemahaman mengenai usaha promosi yang
dapat mempengaruhi respon konsumen tersebut (Belch 1995:163 dalam Nurbenny
2005:38).
Teori keputusan pembelian dalm model AIDA dijelaskan dalam
empat tahap sebagai berikut :
• Tahap Menaruh Perhatian (Attention)
• Tahap Ketertarikan (Interest)
• Tahap Berhasrat/Berniat (Desire )
• Tahap Memutuskan untuk aksi beli (Action)
• Tahap Menaruh Perhatian (Attention)
• Tahap Ketertarikan (Interest)
• Tahap Berhasrat/Berniat (Desire )
• Tahap Memutuskan untuk aksi beli (Action)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar