Kamis, 01 November 2012

WINDOW SHOPPING


Window Shopping bisa diartikan dengan sebuah kegiatan jalan-jalan di toko (mall) dengan sekedar melihat-lihat saja tanpa membeli. Atau bisa juga diartikan, kegiatan jalan-jalan di toko (mall) dengan tujuan melakukan survey dari barang yang ingin dibeli, dengan mencari tahu harga, maupun pilihan lainnya, atau bisa juga bertujuan mendapatkan ide atau inspirasi untuk membeli sebuah pemberian untuk orang lain (pasangan, kerabat atau teman).
Tujuan lain dari window shopping sendiri juga yaitu, untuk belajar lebih banyak tentang diri-sendiri dan selera pribadi.

Window shopping termasuk kegiatan yang menyenangkan dan tentunya murah, karena tidak mengeluarkan biaya. Cukup dengan berjalan melihat dari satu toko ke toko lainnya. setiap orang bisa melakukan kegiatan ini, tanpa memandang status sosial, fisik, maupun usia.
Tidak banyak juga, orang yang tadinya hanya berniat window shopping, tapi pada akhirnya jadi berbelanja, karena mungkin dari barang-barang yang mereka lihat ada yang mereka kagumi dengan harga yang sesuai.

Dalam melakukan window shopping yang baik juga ternyata ada langkah-langkahnya. Beberapa diantaranya yaitu:
1. Tentukan tujuan anda melakukan window shopping
Apakah anda ingin mendapat informasi dari trend fashion terbaru, atau melakukan survey untuk merencanakan pembelian di waktu yang akan datang, atau hanya ingin menghabiskan waktu luang saja.
2. Tentukan lokasi
Lokasi untuk melakukan window shopping bisa di indoor ataupun outdoor. Baik itu di pusat perbelanjaan, mall, bazar, dll. Anda bisa melakukannya di berbagai toko yang berbeda. Window shopping juga lebih menyenangkan dilakukan bersama teman-teman.
3. Persiapkan diri
Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman dan santai agar tidak terganggu perjalanan Anda. Jangan lupa juga untuk makan terlebih dahulu, agar kuat berjalan ke berbagai toko yang ada. Jangan bawa uang yang berlebih, apalagi kartu kredit. Dikhawatirkan nanti Anda tergoda berbelanja banyak barang-barang :p
4. Jangan terburu-buru
Bagusnya dalam melakukan window shopping ini adalah santai dan tidak terburu-buru. Jadi, kita benar-benar bisa memperhatikan barang-barang yang dijual, dan tidak ada yang terlewatkan. Siapa tahu ada barang yang bagus yang bisa kita dapatkan dengan harga murah ;)
5. Catat hasil pengamatan (jika tujuannya melakukan survey)
Catat dari mulai harga, jenis atau kualitas barangnya, dan nama serta lokasi tokonya. Lakukan perbandingan dengan barang di toko-toko yang lain.
6. Jangan malu!
Jangan malu untuk datang ke toko yang satu ke toko lainnya. Jangan malu untuk bertanya pada pegawai toko tentang barang, kualitas, maupun harganya. Jika memungkinkan kegiatan tawar-menawar, jangan malu untuk menawar. Jangan malu juga untuk duduk beristirahat jika kaki Anda sudah lelah berjalan.
picture window shopping :








 
 
SUMBER REFERENSI:
http://www.wisegeek.com/what-is-window-shopping.htm
http://www.wikihow.com/Go-Window-Shopping
http://www.urbandictionary.com/define.php?term=window%20shopping

Tidak ada komentar:

Posting Komentar