Kita seringkali mendengar kata eksekutif, apalagi eksekutif
muda. Profesi ini tentu menjadi impian banyak orang dan ternyata semua orang
bisa menjadi eksekutif sukses di bidangnya.
Eksekutif adalah semua karyawan yang karena ilmu atau
jabatannya mampu memberikan kinerja atau output yang positif bagi organisasi.
Artinya, Eksekutif tidak terbatas pada jabatan Direksi atau Manajer saja,
bahkan Kepala Ruangan Keperawatan, atau Kepala Unit Cleaning Service, yang
mampu memberikan pelayanan yg memuaskan bagi pasiennya di RS adalah juga
seorang Eksekutif.
Ciri Eksekutif yg terpenting adalah "...To get the
right things Done". Bagaimana dia menyelesaikan pekerjaannya secara baik
dan tepat dalam waktu yang tepat. Seorang eksekutif tidak bertanya:"Apa
saja yg harus dikerjakan?" , tetapi bertanya:" Apa yang saat ini
harus dikerjakan!" . Lalu akan menilai "...dari semua masalah yang
bisa membuat perubahan, mana yang cocok untuk saya?" . karena mereka tak
akan menangani masalah yang mereka tidak kuasai, mereka hanya memilih yg mereka
kuasai saja. Mereka akan melepaskan masalah lain tadi pada orang yg tepat dan
menguasai bidang tsb. Mereka tidak takut mempunyai bawahan yang jauh lebih
pandai dari mereka.
Mereka harus berlatih untuk menguasai lima (5) hal yg sangat
penting agar menjadi efektif. Latihan harus dilakukan setiap saat, sehingga
kelima hal tsb menjadi habits, seperti mengemudi mobil yg kita lakukan tanpa
berpikir lagi, sudah menjadi otomatis dalam kegiatan kita.
Kelima hal tsb adalah:
1. Manajemen Waktu
2. Fokus Upaya anda
agar bisa memberi kontribusi pd siapa saja
3. Membuat kekuatan
kemampuan anda menjadi produktif bagi organisasi
4. Konsentrasi
upaya pada kegiatan terpenting yang menghasilkan hasil yg terbaik dan terbesar,
5. Membuat
keputusan yg efektif.
Hal pertama dan keempat adalah kunci bagi seorang Eksekutif
yg efektif.
Jumlah pekerjaan dan masalah sangat banyak, tetapi waktu
terbatas, sehingga manajemen waktu adalah mutlak bagi eksekutif. Mulai dengan
menghilangkan waktu yg digunakan untuk kegiatan tak bermanfaat (nonton TV,
telenovela, dll). Setelah waktu anda terbebas dari waktu yg tak berguna, lalu
konsentrasi pada kegiatan yg memberi hasil yg terbesar. Juga pusatkan agar anda
bergerak dgn kekuatan anda, atau anak buah
anda, dengan memilih tugas yang paling sesuai dengan
keahlian anda. Bidang yang tak begitu anda kuasai agar diserahkan pada orang
lain yang ahli dan mampu pada bidang tersebut. Jangan takut mempunyai bawahan
yang lebih pandai, karena justru mereka yg pandai itulah yang akan mengangkat
anda ketempat yg lebih tinggi.
Hal terakhir adalah pembuatan keputusan yg efektif. Disini
anda membutuhkan pemetaan masalah dan spesifikasi keputusan yg efektif. Dan keputusan
tidak akan berguna sebelum hal itu dijalankan, dan dilanjuti dengan umpan balik
dari pelaksanaan kegiatan tsb
"Seorang eksekutif yang ingin mencapai sukses harus
memiliki lima kunci sukses yaitu:
* Target karier
* Kompetensi
* Konsistensi
* Koneksi
* Komitmen
Pertama-tama, untuk menjadi seorang eksekutif andal,
dibutuhkan target karier yang ditulis dengan memetakan imajinasi atau lebih
dikenal dengan mind mapping. Satu jalur untuk setiap target.
Setelah memetakan target, perlu meningkatkan kompetensi yang
kita miliki di bidang tersebut. Kemudian, secara konsisten mengembangkan
kompetensi tersebut. Setelah matang secara kompetensi, kita perlu mencari
koneksi tempat bekerja yang cocok dengan kompetensi yang dimiliki. Setelah itu,
kita harus memiliki komitmen dalam menjalankan pekerjaan tersebut.
Dan untuk bisa bertahan di tempat kerja yang baru diperlukan
dua tips and trik. Pertama, kenali tempat Anda melamar kerja kemudian ubah diri
Anda dan sesuaikan dengan budaya tempat Anda bekerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar