Pengertian Niche
1. Posisi /
aktifitas yang cocok bagi bakat dan kepribadian seseorang sehingga dia bisa
sukses berkembang dalam area keahlian tersebut.
2. Pasar yg telah
terkonsentrasi. Pangsa pasar yg terspesialisasi pada satu jenis produk atau
layanan.
ceruk adalah suatu
kelompok kecil yang memiliki kekuatan besar, kelompok ini berusaha untuk
membentuk atau menciptakan inovasi-inovasi terbaru, yang akan menaruk minat
konsumen dalam pangsa pasar, dan memiliki daya saing yang sangat tinggi.
Niche memang merupakan frase kata untuk topik atau subjek
tertentu yang fokus dan potensial diminati oleh kelompok tertentu (popular).
Dalam tata bahasa Indonesia kata niche dapat diartikan sebagai “ceruk”. Menurut
wikipedia kata niche diberi pengertian sebagai ‘bagian dari sektor pasar yang
fokus dan ditargetkan’
Niche market atau ceruk pasar atau relung pasar adalah
peluang kecil yang terdapat dalam sebuah pasar. Pasar yang dilayani dalam niche
marketing ini umumnya sangat spesifik sesuai dengan kebutuhan orang-orang
tertentu saja.
Para pemain pada niche market memerlukan pemahaman yang
mendalam dengan konsumen mereka dan dengan kebutuhan konsumen serta kemampuan
untuk tetap terhubung dengan konsumen-konsumen tersebut. Pengusaha niche market
yang ideal harus secara konsisten memproduksi produk yang inovatif dan
berkualitas. Melayani niche market membutuhkan perusahaan untuk fokus pada
pemenuhan kebutuhan dari kelompok yang lebih kecil dari keseluruhan pelanggan
tanpa mengorbankan kesempatan untuk meningkatkan daya tarik untuk pasar yang
lebih luas.
Dengan strategi niche market, biaya yang dikeluarkan dapat
lebih efektif. Misalnya jika produk yang ditawarkan hanya untuk golongan di
suatu wilayah tertentu, anda bisa beriklan di radio setempat misalnya, atau
jika produk yang ditawarkan hanya untuk kalangan tertentu, anda bisa mengiklankan
produk anda pada komunitas-komunitas online.
Keuntungan mengolah niche market, persaingan umumnya lebih
kecil dibandingkan jika mentargetkan pada pasar besar dengan pemain-pemain
pasar yang sudah stabil. Meskipun begitu, niche market tidak imun terhadap
persaingan, terutama dari pemain pasar yang sudah besar dengan substansi sumber
daya dan ekonomi yang kuat. Untuk menghadapinya, selalu berikan produk dengan
inovasi dan kualitas yang tinggi.
Untuk memberikan kepuasan pada ceruk pasar, pastikan bahwa
produk yang ditawarkan sudah memenuhi kebutuhan konsumen yang unik. Mulailah
dengan variasi jasa atau variasi produk yang mungkin dapat ditawarkan pada
konsumen.
Konsumen pada ceruk pasar juga akan lebih mudah didekati
dengan kata-kata yang tepat sasaran. Untuk mendapatkan kata-kata yang tepat dan
mudah dipahami oleh konsumen niche market ini, perlu memahami bagaimana bahasa
yang mereka pergunakan. Kemudian, sesuaikan dengan slogan perusahaan. Dan
sebelum bergerak untuk memasarkan produk, perlu dilakukan tes pasar untuk
mengukur penerimaan pasar pada produk atau jasa yang ditawarkan.
Ceruk yang tepat dapat terus bertahan dalam jangka waktu
yang cukup lama. Dan biasanya konsumen dalam ceruk pasar memiliki loyalitas
yang tinggi. Yang penting adalah terus melakukan inovasi dan pemahaman akan
kebutuhan konsumen yang saat ini semakin dinamis.
terimakasih buat informasi nya...
BalasHapussaya ingin mengetahui contoh dari niche atau ceruk pasar tersebut,,!
terima kasihh